^^Minyi-minyi^^
this site the web

Perangkat Keras Komputer - VGA Card

VGA Card termasuk tiga komponen terumit yang terdapat dalam PC Anda. Begitu banyak istilah pada spesifikasi sebuah video card. Apa artinya dan mana yang perlu diperhatikan?
Sebuah Video card, juga disebut sebagai graphic accelerator card, display adapter, graphic cards, dan banyak sebutan lain, adalah sebuah perangkat keras komputer pribadi yang berfungsi menghasilkan dan mengeluarkan gambar di layar. Ini mengoperasikan prinsip yang sama dengan sound card atau peralatan peripheral lain.

Istilah ini biasanya digunakan mengacu pada sebuah pemisahan, dimana kartu ekspansi (expansion card) yang dicolokkan pada sebuah slot di motherboard komputer, bertentangan dengan kontrol grafis yang terintegrasi pada chipset motherboard. Sebuah kontrol grafis yang terintegrasi biasanya disebut sebagai “integrated graphics processor” (IGP).

Pada VGA onboard dikenal istilah teknologi UMA (Unified Memory Architecture) yang mana menyatukan frame buffer dengan memori utama. Dengan mengalokasikan RAM Secukupnya untuk menangani mode layar yang sedang digunakan. UMA memperkenalkan pemakaian memori sisa dari frame buffer untuk keperluan lainnya. Mengeliminasi frame buffer yang khusus diharapkan mampu mengurangi biaya yang diperlukan untuk membeli sebuah PC. Banyak chipset yang telah mendukung/menggunakan teknologi UMA, seperti Weitek, Opti, VLSI, SiS, Cirrus Logic, dsb. Kenyataan yang harus diterima adalah sistem UMA menurunkan kinerja PC, ini terjadi saat CPU dan kontroler grafis mengakses memori utama pada saat yang sama. Maka dari itu sistem UMA disediakan terutama untuk sistem PC Low End yang murah.

Beberapa kartu video (expansion card) menawarkan fungsi-fungsi tambahan, seperti penangkap video, adapter pemutar TV, decoding MPEG-2 dan MPEG-4, bahkan konektor FireWire, mouse, light pen, joystick, atau bahkan kemampuan menghubungkan dua monitors.Kartu video tidak digunakan secara eksklusif di tipe komputer pribadi IBM; ini telah digunakan di peralatan seperti Commodore Amiga (dihubungkan dengan slot Zorro II dan Zorro III), Apple II, Apple Macintosh, Atari Mega ST/TT (dipasang ke antar-muka MegaBus atau VME), Spectravideo SVI-328, SMX dan konsol permainan video.

Secara sederhana, cara kerja kartu video adalah untuk menampilkan gambar pada monitor atau layar. Lebih lengkapnya akan dijelaskan pada penjelasan masing-masing komponen.
Evolusi kartu video ke arah yang lebih baik dimulai tahun 1995 dengan dirilisnya kartu 2D/3D pertama, dikembangkan oleh Matrox, Creative, S3, dan ATI, bersama. Kartu video tersebut diikuti standar SVGA, tetapi disatukan dengan fungsi 3D. Tahun 1997, 3dfx merilis chip grafis Voodo, yang sangat bertenaga dan memasukkan efek-efek 3D baru (Mip Mapping, Z-Buffering, Anti-aliasing...). Dari titik ini, terjadi serangkaian rilis video card 3D, seperti Voodo2 dari 3dfx, TNT dan TNT2 dari NVIDIA. Kekuatan yang tercapai dengan kartu-kartu ini melebihi kapasitas slot PCI. Intel mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan masalah antara mikroprosesor dan kartu video. Dari tahun 1999 sampai 2002, NVIDIA memimpin pasar kartu video (mengambil alih 3dfx), dengan keluarga GeForce. Pengembangan yang dibawa pada tahun-tahun tersebut difokuskan pada algritma 3D dan clock rate prosesor grafis. Meskipun demikian, memori video perlu meningkatkan rate datanya, dan teknologi DDR telah disatukan. Kapasitas memori video meningkat pada periode ini dari 32 MB pada GeForce menjadi 128 MB pada GeForce 4.


Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/VGA
http://buletin.melsa.net.id/jul/1014/vga.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 

Disclaimer

Pendapat yang dikemukakan di sini adalah pendapat pribadi saya sendiri (Winna Ariyani) dan tidak mewakili pandangan orang lain dengan cara apapun dan tidak pernah bermaksud melecehkan atau menghina Suku, Agama, Ras, Antar Golongan, Pribadi, Perkumpulan atau Badan Usaha tertentu. © Copyright 2009

Ketentuan Penggunaan