^^Minyi-minyi^^
this site the web

KESELAMATAN KERJA

Dalam suatu pekerjaan keselamatan kerja adalah hal yang seharusnya menjadi prioritas. Karena ini merupakan suatu hal yang sangat penting.Apalah artinya gaji yang besar jika keselamatan diri tergadaikan atau kesehatan kita terancam?

Dimana ada dua hal terbesar yang menjadi penyebab kecelakaan kerja antara lain :
1.Perilaku yang tidak aman dan
2.Kondisi lingkungan.

Berdasarkan data dari Biro Pelatihan Tenaga Kerja, penyebab kecelakaan yang terjadi hingga menyebabkan keselamatan kerja terganggu diakibatkan oleh perilaku yang tidak aman dengan beberapa Faktor diantaranya : Tidak mematuhi peraturan,tidak mengikuti standar prosedur kerja,tidak memakai alat pelindung diri dan kondisi badan yang lemah.

Faktor penyebab keselamatan kerja yang berbahaya paling sering ditemukan antara lain:
* Bahaya jenis kimia:terjadinya kontak antara kulit dengan cairan metal, cairan non-metal, hidrokarbon dan abu, gas, uap steam, asap dan embun yang beracun.
* Bahaya jenis fisika: lingkungan yang bertemperatur panas dan dingin, lingkungan yang beradiasi pengion dan non pengion, bising, vibrasi dan tekanan udara yang tidak normal.
* Bahaya yang mengancam manusia dikarenakan jenis proyek: pencahayaan dan penerangan yang kurang, bahaya dari pengangkutan, dan bahaya yg ditimbulkan oleh peralatan.

Berdasarkan UU Perlindungan Tenaga Kerja dan Kecelakaan Kerja, pemilik usaha pada saat mulai memakai tenaga kerja, harus membantu tenaga kerjanya untuk mendaftar keikutsertaan asuransi tenaga kerja, demi menjamin keselamatan kerja.


Referensi : http://www.anneahira.com/artikel-umum/keselamatan-kerja.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 

Disclaimer

Pendapat yang dikemukakan di sini adalah pendapat pribadi saya sendiri (Winna Ariyani) dan tidak mewakili pandangan orang lain dengan cara apapun dan tidak pernah bermaksud melecehkan atau menghina Suku, Agama, Ras, Antar Golongan, Pribadi, Perkumpulan atau Badan Usaha tertentu. © Copyright 2009

Ketentuan Penggunaan