^^Minyi-minyi^^
this site the web

Pekerjaan, Profesi, dan Profesional

Pada artikel yang saya tulis ini saya ingin mebahas tentang apa itu Pekerjaan, Profesi, dan Profesional .
mungkin buat sebagian orang, mereka sudah mengerti apa itu Pekerjaan,Profesi dan Profesional dan sebagian lagi blum, untuk itu ngak ada salahnya kalau saya memberi penjelasan sedikit tentang itu...

Nah,, kita mulai saja dari apa itu pekerjaan?????
Perkerjaan adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghasilkan sesuatu baik berupa materi maupun kenikmatan lahir Bathin seseorang. Tetapi Pada hakikatnya Pekerjaan mengandung banyak sisi yang dapat mencerahkan kita atau bermanfaat. Pekerjaan juga dapat melahirkan kenikmatan yang luar biasa bagi orang yang melakukannya. Pekerjaan juga mendatangkan kepuasan lahir-batin yang tak terhingga ketika kita menemukan bahwa banyak orang yang terbantu dengan pekerjaan kita.Dan ada satu Kebahagiaan tertinggi yang kita dapat nikmatin dalam suatu pekerjaan yaitu bahwa pekerjaan kita memiliki makna dan arti yang luar biasa bagi siapa pun yang menikmati hasil pekerjaan kita.

Sekarang kita lanjut ke pembahasan kedua yaitu Profesi....
Profesi menurut saya merupakan suatu pekerjaan yang menuntut kita untuk mempunyai keahlian atau keterampilan seseorang/pelaku. Profesi juga dapat disebut pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok sesorang untuk menghasilkan kebutuhan pokok dan tentunya memerlukan keahlian.
Biasanya Suatu profesi memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang kedokteran tentunya ia harus ahli dalam bidang tersebut, pada bidang keuangan setidaknya ia harus bisa merinci semua jumlah pemasukan dan pengeluaran atau ia setidaknya menguasai akutasi dan masih banyak lagi.

Sedangkan Profesional adalah sesorang yang mempunyai suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keterampilan yang tinggi dalam ketekunan untuk pekerjaan sesuai dengan ilmu pengetahuan pada suatu pendidikan yang diambilnya bidang tersebut. Hal ini jelas sangat berpengaruh terhadap performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya.
Dengan demikian seorang profesional sangat jelas sekali ia harus memiliki suatu profesi tertentu yang diperolehnya melalui sebuah proses pendidikan ataupun pelatihan khusus, Disamping itu harus ada unsur semangat pengabdian didalam melaksanakan suatu kegiatan kerja.
Seorang bisa dikatakan profesional dengan kualitas moral harus menundukkan diri pada sebuah mekanisme kontrol berupa kode etik yang disepakati bersama didalam sebuah organisasi profesi tersebut.

NAh,,,,, ini lah artikel yang dapat saya tuangkan dalam blog ini sebagai suatu informasi, semoga ini bermanfaat buat teman2 semuanya..... (^_^).


sumber : http://awhyjr.blogspot.com/2008/03/pekerjaan-profesi-dan-profesional.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Disclaimer

Pendapat yang dikemukakan di sini adalah pendapat pribadi saya sendiri (Winna Ariyani) dan tidak mewakili pandangan orang lain dengan cara apapun dan tidak pernah bermaksud melecehkan atau menghina Suku, Agama, Ras, Antar Golongan, Pribadi, Perkumpulan atau Badan Usaha tertentu. © Copyright 2009

Ketentuan Penggunaan